Cara Mudah Belajar Penjumlahan

Posted by Wong Sukses on Wednesday, September 19, 2012

Penjumlahan merupakan salah satu pelajaran dasar dalam matematika. Penjumlahan juga merupakan basic untuk belajar ke step selanjutnya yaitu pengurangan, perkalian dan pembagian.

Sebagai pelajaran dasar, menguasai cara penjumlahan adalah hal yang pokok. Penjumlahan mungkin mudah bagi sebagian orang, tetapi ada juga beberapa orang yang merasa kesulitan. Jika anak-anak anda merupakan salah satu yang kesulitan belajar penjumlahan, mudah-mudahan metode ini akan membantu anda mengajarkan penjumlahan.

Mari kita mulai.
More aboutCara Mudah Belajar Penjumlahan

Trik Mudah Belajar Perkalian Dasar, Mantab!!!

Posted by Wong Sukses on Tuesday, September 18, 2012

Perkalian Dasar?
Udah hafal ga ya.....
Ok, yang mau tahu cara mudah belajar perkalian dasar, silahkan pelajari caranya disini. Mudah-mudahan cara mudah belajar perkalian dasar ini bisa membantu teman-teman guru mengajarkan perkalian dan menjadikan anak-anak lebih menyukai matematika. Selamat belajar ya...
Silahkan dipelajari dan dipraktekkan

PERKALIAN
Silahkan pelajari bab tentang PERKALIAN berikut ini.

a. Babak I
Yang perlu kalian hafalkan adalah perkalian berikut ini:
2 x 2 = 4
3 x 3 = 9
2 x 3 = 6
3 x 4 = 12
2 x 4 = 8
3 x 5 = 15
2 x 5 = 10
4 x 4 = 16
5 x 5 = 25
4 x 5 = 20

Hanya ini saja?
Ya! Hanya perkalian itu yang kalian harus ingat!
Gampang donk...!
Tentu saja, memang matematika itu gampang kok!

Bagaimana dengan 9 x 7= ?

Gampang saja... nih lihat caranya yah...

Berapa tambah 9 supaya jadi 10? Tentu saja 1!
Bagus! Berapa tambah 7 supaya jadi 10? Tentu saja 3! Itu
mudah sekali!
Good job! Sekarang tulis angka 1 disebelah angka 9
dan angka 3 disebelah angka 7 (sebenarnya ini ditulis dalam
otak saja!)
seperti dibawah ini.

9 1
7 3
---

Berikutnya kalikan 3 dengan 1 dan tulis hasilnya.

9 1
7 3
---
�@3


Kemudian kurangkan 7 dengan 1 atau 9 dengan 3 dan tuliskan
hasilnya
di depan angka 3 itu.
9 1
7 3
---
6 3

Nah itulah hasilnya yaitu ..63.., Mudahkan?
Iya.. yah kok mudah sekali... Mengingatnya juga mudah ...

a. jadikan 10
b. kalikan
c. kurang silang

Coba saya hitung 8 x 7? Langkah pertama: jadikan 10

8 2
7 3

Langkah kedua: kalikan! (2x3 =6)


8 2
7 3
---
6
Langkah ketiga: kurang silang!
(7-2) atau (8-3), hasilnya adalah:

8 2
7 3
---
5 6

Ternyata hasilnya 56! Mudah sekali yah!
Asyiik nih belajar matematika!



Sebagai latihan coba kalian hitung perkalian berikut: 9 x 9
= ...

9
9
-------

Bagaimana? Mudah bukan? Coba lagi deh perkalian berikut: 8 x
8 =

8
8
-----

Senangkan? Coba lagi perkalian berikut ini:
7 x 7 = ? 9 x 8 = ? 6 x 8 = ?
6 x 9 = ? 5 x 9 = ? 7 x 8 = ?

Dari hasil yang kamu peroleh, coba cek apakah 7 x 8 = 8 x 7 ?

Asyiikk yah.... Ternyata mudah sekali menghitung perkalian!


b. Babak II
Kita sudah lolos babak 1, sekarang kita masuk babak 2.

Coba kita hitung berapa 7 x 6 ?
Ah itu sih gampang ! Pakai saja rumus di atas!
Benar tapi harus hati-hati sedikit nih ada yang harus
diperhatikan.

Langkah 1: jadikan 10

7 3
6 4
-----

Langkah 2: kalikan (3 x4 ) = 12
Nah yang ditulis hanya angka 2 saja, angka 1 nya kita simpan
dulu.

7 3
6 4
-----
2
Langkah 3: kurangkan silang! (6-3) atau (7-4).
Tapi disini hasilnya harus kita tambahkan dengan angka
simpanan kita,
sehingga angka yang kita harus tuliskan adalah 6-3 + 1 = 4

7 3
6 4
-----
4 2

Mudah kan!
Sekarang coba hitung perkalian berikut:
6 x 6 ?

6
6
------

Asyiik nggak ???
Coba lagi deh perkalian : 6 x 5 = ? 7 x 5 = ?


Tambah asyiik bukan? Coba lengkapi tabel perkalian berikut
ini:

5x5 = ? 5x6 = ? 5x7 = ? 5x8 = ? 5x9 = ?
6x5 = ? 6x6 = ? 6x7 = ? 6x8 = ? 6x9 = ?
7x5 = ? 7x6 = ? 7x7 = ? 7x8 = ? 7x9 = ?
8x5 = ? 8x6 = ? 8x7 = ? 8x8 = ? 8x9 = ?
9x5 = ? 9x6 = ? 9x7 = ? 9x8 = ? 9x9 = ?


Bagaimana? Baru sebentar saja kalian sudah mampu menghitung
banyak
hitungan perkalian! Luar biasa! Sebenarnya kalian ini memang
hebat lho...
Oke mari kita masuk babak 3 yang lebih seru lagi...


c. Babak III
Coba sekarang kita hitung 12 x 12 ?

Caranya gimana?
Gampang saja! Sama seperti babak 1. Namun karena bilangan yang
dikalikan lebih dari 10 maka kita harus ganti kata :
"kurangkan" menjadi kata "tambahkan".

Langkah 1: Jadikan 10!

12 2
12 2
-----

Langkah 2: Kalikan! (2 x 2) dan tulis hasilnya: 2x2 = 4

12 2
12 2
------
4

Langkah 3: tambahkan silang! 12 + 2 = 14.

12 2
12 2
-------
14 4

Jadi hasilnya 12 x 12 = 144

Eeehh... Hasilnya kok gampaaaang sekali yah.... Ah mau coba
lagi deh
perkalian lain : 11 x 11 = ...

11
11
------

Asyiikkk sekarang coba saya hitung 12 x 13 = ...

12
13
------

Kok mudah amat yah....

Wah kalau begini sih bisa jadi ahli matematika nih.... Asyiik
deh belajar
matematika.

Nah temen-temen, sekarang coba lengkapi tabel perkalian
berikut ini.
Pasti kalian mampu (cek hasilnya pakai kalkulator).

11x11= ? 12x11= ?
11x12= ? 12x12= ?
11x13= ? 12x13= ?
11x14= ? 12x14= ?
11x15= ? 13x11= ?
11x16= ? 13x12= ?
11x17= ? 13x13= ?
11x18= ? 14x11= ?
11x19= ? 14x12= ?

Senang dapat berbagi & selamat mencoba, semoga dapat bermanfaat.

Minta Sumbangannya ya... Klik salah satu iklan berikut Sumber: http://rumaharmud.blogspot.com
More aboutTrik Mudah Belajar Perkalian Dasar, Mantab!!!

Cara Menjelaskan Implikasi Logika Matematika

Posted by Wong Sukses on Wednesday, February 22, 2012


Pada postingan kali ini, saya akan memberikan contoh kejadian yang berkaitan dengan implikasi logika matematika.

Awalnya, ketika saya mengajar materi logika matematika, saya merasa kesulitan memberikan penjelasan yang secara akal bisa siswa terima.
mereka kelihatannya bingung dan bertanya-tanya kenapa Jika S maka S nilainya menjadi B. Inilah contoh yang dapat saya berikan, mudah mudahan bisa membantu.
Kata "Jika P maka Q" dapat anda rubah menjadi "P terjadi Hanya jika Q terjadi"
Contoh ini berkaitan dengan kejadian seorang anak yang hadir dari sebuah pernikahan.
Lihat ilustrasi berikut:


Dengan analogi di atas. Maka tabel kebenaran dari Implikasi akan lebih mudah untuk diterima.

Ok, Terima kasih atas kunjungannya.
Yang mau nambahin silahkan isi di kolom comment.


More aboutCara Menjelaskan Implikasi Logika Matematika